Dinsos Lampung Sudah Salurkan Buffer Stock ke 15 Kabupaten

12 Maret 2018 - 16:03:04 | 478 | HUMANIORA

DL/12032018/Lamsel

---- Menyikapi bencana alam khususnya banjir periode bulan Januari sampai 12 Maret 2018 sebagai akibat dari intensitas curah hujan yang ekstrim, Dinas Sosial Provinsi Lampung telah merespon dengan mengirimkan bantuan buffer stock di 15 Kabupaten dan kota se Provinsi Lampung.

Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Sumarju Saeni saat mengunjungi pengungsian di Desa Kuala Sekampung, Kecamatan Sragi, Kabupaten Lampung Selatan, Senin 12 Maret 2018.

Masing-masing Kabupaten dan Kota juga telah tersedia cadangan beras untuk penanggulangan korban bencana sebanyak 100 ton untuk diberikan kepada korban sebagaimana ketentuan yang berlaku.

Dikatakan juga bahwa Taruna Siaga Bencana (Tagana) selalu siaga dalam memberikan informasi baik data maupun kejadian secara cepat.

Walaupun jumlahnya masih terbatas jika dibandingkan dengan luasnya wilayah yakni sebanyak 508 orang yang telah dilatih oleh Kemensos. Sedangkan Desa dan Kelurahan yang rawan bencana, Dinsos provinsi Lampung telah membentuk 17 Kampung Siaga Bencana (KSB) dengan jumlah kader masing-masing desa sebanyak 60 orang sehingga jumlah keseluruhan ada 1.020 orang.

Masih menurut Sumarju, bahwa Pj. Gubernur Lampung, Didik Suprayitno rencananya akan hadir langsung akan ke berbagai lokasi. “Namun karena kesibukan yang tidak dapat diwakilkan sehingga menugaskan saya untuk menyampaikan bantuan kepada masyarakat Sragi ini.” katanya.

Bantuan yang disampaikan berupa:

1. Lauk pauk paket A berisi Kornet daging sapi 1 kaleng  dan Tahu tempe 1 kaleng.

2. Lauk pauk paket B berisi Ikan Tuna sambel woku 1 kaleng dan sayur lodeh 1 kaleng.

3. Lauk pauk paket C berisi Gulai Ayam 1 kaleng dan Rica rica 1 kaleng.

4.Lauk pauk paket D berisi Ikan tuna dalam minyak 1 kaleng dan Opor Ayam 1 kaleng.

Paket A, B, C dan D masing-masing 24 paket. Disamping itu Gubernur Lampung juga menyerahkan Kids Ware 10 paket, Food ware 5 paket, Matras 10 lembar dan Selimut Wool 60 potong.

Didik Suprayitno berpesan agar masyarakat tabah dan tawakal dalam menyikapi kondisi ekstrim ini. “Semoga senantiasa Allah memudahkan kita semua, Amin. Disamping itu bantuan yang tidak seberapa ini semoga dapat meringankan beban para korban untuk itu agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.” ungkapnya.

Sementara itu dilaporkan oleh Kabid Linjamsos, Gustus bahwa dari Pemkab Lampung Selatan juga telah menyampaikan bantuan berupa bahan pangan dan pakaian serta sarana pengungsian lainnya. Disamping itu yang tidak kalah pentingnya yaitu air bersih.

Camat Sragi Bibit Purwanto mengatakan bahwa bencana yang menimpa Desa Kuala Sekampung (Umbul Besar). Kecamatan Sragi, Kabupaten Lampung Selatan. Kondisi sementara 84 rumah terendam air setinggi lutut orang dewasa.

Tagana telah memasang Tenda Pengungsian. Sebanyak 15 Kepala Keluarga (KK) sudah mengungsi 24 kk dalam proses evakuasi dan 45 kk masih bertahan di rumahnya.

Atas nama warga masyarakat Sragi, Camat mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Lampung yang telah memperhatikan masyarakat Kecamatan Sragi. (Lis)