Sekwan Janjikan PMII Ketemu Dewan 9 Maret

08 Maret 2018 - 18:17:50 | 5346 | POLITIK

DL/08032018/Kota Metro

---- Menolak Revisi Undang-undang MD3, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) cabang Metro menggelar aksi demo di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat daerah (DPRD) Kota Metro, Rabu 7 Maret 2018.

Demo yang semula berjalan damai, tiba-tiba menjadi memanas. Hal tersebut terjadi dikarenakan para mahasiswa memaksa masuk ke dalam gedung DPRD untuk bertemu dengan para wakil rakyat untuk menyampaikan tuntutan mereka.

Akibat aksi saling dorong antar mahasiswa dan petugas tersebut, pihak keamanan gabungan dari Kepolisian dan Sat Pol PP segera bertindak dan menghalau para pendemo ke pelataran gedung DPRD.

Suasana kembali kondusif  setelah dimediasi oleh Kasat Intel Polres Metro AKP Syamsuri, dan Sekertaris Dewan Budiyono menemui para pendemo.

Selanjutnya, 10 perwakilan mahasiswa diperbolehkan masuk ke dalam kantor DPRD untuk beraudensi dengan Sekretaris Dewan (Sekwan) dikarenakan para anggota DPRD Metro sedang melakukan Dinas luar .

Ketua PMII cabang Metro Galih Pangestu mengaku pihak PMII merasa kecewa  tidak dapat bertemu langsung dengan para anggota DPRD.

“Kami kecewa tidak bertemu dengan anggota dewan pada hari ini. Sebelum melakukan aksi, kami sudah melayangkan surat dan sudah janjian dari Senin lalu, tetapi ternyata tidak ada satupun dari pihak anggota dewan yang dapat hadir,” katanya.

Sementara sekretaris dewan Budiono, berjanji akan memfasilitasi kepada anggota PMII serta mengatur waktu untuk bertemu dengan anggota DPRD Metro pada  Jumat 9 Maret 2018, setelah para anggota dewan kembali dari dinas luar.

Budiono mengatakan bahwa sekretariat dalam hal seperti ini tidak memiliki kewenangan untuk mengambil keputusan karena sekretariat hanya sebagai sistem pembantu anggota DPRD.

“Saya selaku Sekretaris DPRD hanya bisa memediasi saja. Sebatas mediasi untuk mengagendakan pertemuan antara pengunjukrasa dengan pimpinan dan anggota DPRD, dan rombongan anggota dewan dinas luar itu sudah teragendakan dan mendapat undangan resmi dari asosiasi pimpinan DPRD se Indonesia melakukan pertemuan di Batam,” tandasnya. (Igun)