Tiga Kecamatan di Mesuji Kembangkan Tanaman Lada Perdu

08 Maret 2018 - 01:02:16 | 209 | BERITA DAERAH

DL/08032018/Mesuji

---- Kejayaan komoditas Lada provinsi Lampung tempo dulu memang menjadikan bumi Ruwa Jurai ini sebagai Tanoh Lada. Belakangan Lada Lampung menyurut dan berganti dengan komoditas lainnya.

Namun di Mesuji tamaknya dikenal cocok untuk membudidayakan tanaman Lada ini, dan oleh karenanya Pemerintah Kabupaten Mesuji kembali berupaya mengembangkan berbagai potensi di bidang pertanian dan perkebunan salah satunya tanaman Lada.

Tanaman Lada yang dipilih saat ini adalah jenis Lada Perdu. Menurut Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji, Dahuri bahwa Lada Perdu lebih mudah perawatannya ketimbang Lada Jalar.

Beberapa warga di Desa Fajar Asri Kecamatan Panca Jaya, Dusun Umbul Ben Desa Wiralaga II Kecamatan Mesuji, dan Desa Margo Jaya, Kecamatan Mesuji Timur saat ini tengah mencoba mengembangkan tanaman Lada di kebun milik mereka dengan pembinaan dari dinas terkait dan pemerintah kecamatan setempat.

Tanaman Lada ini dapat tumbuh baik di Mesuji, yang penting tidak terendam air. “Lada Perdu lebih mudah dirawat. Bedanya dengan Lada Jalar dalam pembibitan adalah kalau Lada Perdu bibitnya dari Sulur Buahnya, sedangkan Lada Jalar dari Sulur Batangnya.” Kata Dahuri.

Diyakini jika petani kembali menekuni menanam lada ini, kemungkinan akan menemukan kejayaannya, bagi Lada Lampung, akan bisa terwujud. (Sup)