Safety Riding TDM Sambangi 122 Sekolah di Lampung

02 Maret 2018 - 19:32:53 | 1512 | HUMANIORA

DL/02032018/Bandar Lampung

---- ADVETORIAL. Tim Safety riding Honda TDM Lampung memang tengah gencar menggelar program safety riding di sekolah-sekolah SMA sederajat di Lampung. Dalam menggelar program ini, tim safety riding TDM juga bekerjasama dengan satuan lalu lintas Polresta Bandar Lampung beserta instansi lainnya.

Mulai Januari 2018, tak kurang dari 8 sekolah (SMA sederajat) sudah disambangi tim Safety Riding Honda ini dengan target satu tahun 122 sekolah.

Dalam seminggu, program safety riding ini bisa dilakukan hingga dua kali di dua sekolah berbeda. Kali ini, TDM mengunjungi MAN 2 Bandar Lampung yang diselenggarakan pada Jumat 2 maret 2018.

Instruktur safety riding TDM Tri Munardi menjelaskan, pelaksanaan program ini memang difokuskan bagi siswa-siswi yang sudah berusia 17 tahun atau mendekati usia layak untuk memiliki SIM sebagai syarat izin mengemudi.

“Kita berharap, kalau nanti siswa-siswi tersebut bisa menjadi pengendara yang mengutamakan keselamatan berkendara sehingga terciptanya tertib berlalu lintas,” terang Trimunardi.

Dalam kegiatan ini dikatakan Tri, tim safety riding memberikan tips berkendara yang baik dan benar di jalan raya secara aman diantaranya kita harus memperhatikan postur tubuh saat berkendara karena cepat lelahnya tubuh kita disebabkan oleh salahnya postur berkendara hingga menyebabkan lelah dan mengantuk, lebih dari 90 persen faktor penyebab kecelakaan disebabkan oleh faktor manusia dan yang sering terjadi karena mengantuk dan lelah.

Para siswa juga dibekali pemahaman tentang keamanan standar komponen kelengkapan kendaraan, mulai dari helm, jaket, sarung tangan, celana panjang dan sepatu, serta kelengkapan kendaraan.

Pasalnya, sering kali kendaraan yang digunakan oleh para siswa ini dimodifikasi tanpa mempertimbangkan seperti apa nantinya keamanan dan kelayakan kendaraan itu sendiri. Dalam kegiatan ini pula, para peserta melakukan atraksi tentang bahaya kecelakaan yang diperagakan lewat drama.

Selain itu, kegiatan sosialisasi program safety riding ini juga bertujuan untuk memperkenalkan tagline terbaru Honda yaitu #CarI_aMaN saat naik motor, yaitu campaign Honda untuk keselamatan berkendara, melihat banyaknya pelanggaran lalu lintas yang terbanyak adalah dari helm sehingga Honda butuh konstribusi yang lebih lagi untuk  menekan angka kecelakaan yang melibatkan anak usia remaja khususnya para pelajar. (*)