Nunik: Walau DAU Turun, Anggaran Infrastuktur Tetap Ditambah

28 Januari 2018 - 12:52:17 | 1161 | BERITA DAERAH

DL/20012018/Lampung Timur

---- Sesuai jadwal Musrenbang Tingkat Kecamatan Kabupaten Lampung Timur tahun 2018. Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim menghadiri Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) di Balai Desa Sumur Kucing, Kecamatan Pasir Sakti, Kamis 25 Januari 2018.

Chusnunia (Nunik) saat memimpin musyawarah memberikan gambaran alokasi penganggaran infrastruktur tahun 2018 bahwa. “Walaupun total DAU (Dana Alokasi Umum) turun, tetapi untuk alokasi infrastruktur prosentase totalnya lebih tinggi dari tahun 2017,” ungkap Nunik.

Nunik menjelaskan bahwa Pemerintah sedang melakukan pengetatan anggaran. “Kita meminimalisasi belanja yang tidak penting. Kita betul-betul melakukan efisiensi, namun anggaran yang sifatnya pembangunan untuk warga kita maksimalkan. Sehingga walaupun dari pusat jatahnya dikurangi sedikit, tetapi anggaran untuk infrastrukturnya tetap kita naikkan.” Tambahnya.

Dengan musyawarah seperti ini diharapkan dapat sesuai dengan keinginan warga atau masyarakat menyampaikan aspirasi guna perencanaan dalam proses pembangunan daerah. “Sehingga apa yang dibutuhkan warga melalui forum musrenbang akan tergambar lebih gamblang,” jelas Nunik.

Diketahui pada tahun 2018, Musrenbang Tingkat Kabupaten Lampung Timur dilaksanakan selama empat hari yang tersebar di 24 kecamatan, yakni mulai 25 hingga 31 Januari 2018,  yang rencananya kegiatan akan dilaksanakan di Kecamatan Bumi agung, Sekampung, Way Bungur, Sukadana, Purbolinggo dan Raman Utara.

Pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kabupaten dilaksanakan oleh tiga tim pelaksana yang masing masing dipimpin oleh Bupati Lampung Timur, Wakil Bupati Lampung Timur dan Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur, sehingga setiap tim melakukan musrenbang masing-masing sebanyak enam titik lokasi atau Kecamatan.

Dalam acara ini dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, David Ariswandy, Kepala Inspektorat Kabupaten Lampung Timur, Nurdin Sifrizal, Kepala Bappeda, Puji Riyanto, dan Camat Pasir Sakti, Titin Wahyuni. (rel)