Khamami Minta Ganti Rugi Segera Dibayarkan

06 Januari 2018 - 23:48:31 | 278 | NASIONAL

DL/06012018/Mesuji

---- Bupati Mesuji Khamami mengusulkan agar seluruh proses pembayaran ganti rugi tanah dan tanam tumbuh untuk warga yang terkena proyek Jalan Tol Trans Sumatera disegerakan untuk diselesaikan.

Karena dalam prosesnya proyek Jalan Tol yang melintasi kabupaten Mesuji seluruh proses pembebasan tanahnya lancar, sehingga pembangunan 33,12 kilometer Jalan Tol di sana berjalan baik.

Ini diungkapkan Khamami saat mengikuti rapat koordinasi Jalan Tol Trans Sumatera yang dipimpin Menteri BUMN, Rini Soemarno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Menteri Agraria dan Tata ruang (ATR) Sofyan Djalil, serta diikuti oleh para pejabat kementerian, pimpinan BUMN, dan pejabat Pemerintah Provinsi Lampung di Ruang Rapat Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu 3 Januari 2018.

Alhamdulillah 33,12 kilometer jalan tol yang melintas di Kabupaten Mesuji tidak ada masalah yang signifikan dalam pembebasan lahannya sehingga tidak menghambat proses pembangunan. Namun hendaknya proses ganti rugi tanah dan tanam tumbuhnya agar segera dilakukan, karena tahapan validasi telah selesai dilakukan,” ujarnya.

Rapat ini merupakan rapat ketiga yang diikuti Bupati Khamami dan menurut pantauan merupakan satu-satunya kepala daerah di Lampung yang selalu datang saat diundang rapat karena menurutnya pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera ini merupakan proyek strategis nasional yang harus didukung sepenuhnya karena nantinya akan sangat berdampak positif bagi pembangunan dan investasi di Lampung, khususnya di Kabupaten Mesuji.

Pemerintah menargetkan pembebasan lahan Jalan Tol Trans Sumatera, selesai Januari ini. Menteri PUPR Basuki menargetkan konstruksi Jalan Tol Trans Sumatera selesai pada Mei atau Juni mendatang.

Adapun penyelesaian Jalan Tol Trans Sumatera, akan dikebut agar dapat beroperasi fungsional untuk gelaran Asian Games 2018.

“Khususnya Bakauheni - Terbanggi Besar, Terbanggi Besar - Pematang Panggang, Pematang Panggang - Kayu Agung - Palembang, itu targetnya Mei atau Juni selesai konstruksinya. Januari ini ditargetkan akan diresmikan untuk ruas Bakauheni-Terbanggi Besar,” ujarnya. (sup)