Reuni Angkatan 86 SMAN 3, Kangen-kangenannya Banyak Religius

06 Januari 2018 - 22:01:15 | 345 | BERITA DAERAH

DL/06012018/Bandarlampung

---- Jika dihitung dari tahun 1986 hingga saat ini, 2018. Maka sudah 32 tahun, mereka ini berpisah dari bangku sekolah menengah atas. Para lulusan tahun 1986 SMAN 3 Bandarlampung itu ternyata mempunyai hasrat yang kental dengan kekeluargaan dan kekerabatan.

Buktinya, sekitar 100 alumni bisa berkumpul dalam sebuah pertemuan bersama kangen-kangenan di Taman Wisata Wira Garden Kelurahan Batuputu Bandarlampung, Sabtu 6 Januari 2018.

Walaupun sudah tidak muda lagi, para alumni Sekolah Menengah Atas Negri (SMAN) 3 Bandarlampung angkatan ke-86 tetap solid.

Menurut ketua Ukhuwah alumni SMAN 3 angkatan ke-86 Ikhwan Fauzi, acara tersebut digelar sebagai sarana silaturahmi antar teman sebaya sewaktu duduk dibangku SMA.

“Ini adalah momen silaturahmi antar alumni. Di sini juga kita mengundang para guru-guru kita sewaktu di SMA dulu,” kata owner salah satu biro umroh haji di Bandarlampung ini.

Acara semacam ini sudah seringkali digelar. “Setiap minggunya, tepatnya hari Sabtu kita ada pengajian rutin di Daerah Wayhalim,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, bahwa pada 6 Januari 2017, para alumni ke-86 SMAN 3 sepakat untuk membentuk perkumpulan dengan nama Ukhuwah alumni SMAN 3 Bandarlampung angkatan ke-86. “Jadi hari ini adalah Milad pertamanya,” ujarnya.

Dulunya, lantaran keterbatasan informasi, cukup sulit untuk menghubungi satu persatu rekan-rekannya seangkatan. “Tapi sekarang dengan adanya teknologi informasi, jadi lebih mudah untuk saling menghubungi,” jelasnya.

Pertemuan Tidak Sia-sia

Menurut salah satu alumni Ruri, bahwa ia sangat senang tatkala bisa berjumpa kembali dengan teman sebayanya sewaktu SMA.

“Pertemuan kita di sini tidak sia-sia. Karena dalam pertemuan kita ini ada unsur agamisnya juga. Setiap pertemuan tiga bulanannya saja kita dalam bentuk pengajian, ada tausiahnya. Jadi semakin tua, kita diarahkan kepada nilai-nilai agama. Sekarang saya tinggal di Jogja. Setiap ada acara saya usahakan untuk hadir.” kata wanita berhijab ini.

Alumni lain, Henni juga mengungkapkan demikian. Warga Wayhalim Bandarlampung ini sangat antusias untuk hadir setiap kali ada acara pertemuan alumni.

“Kita banyak mengadakan acara. Ditahun 2017 saja kita pernah adakan bakti sosial. Ada sumbangan baju layak pakai di Februari 2017 untuk membantu masyarakat yang terkena musibah banjir saat itu,” jelasnya.

Selain itu, lanjut owner di Sekolah Dasar (SD) Tunasmekar ini, perkumpulan alumni juga sempat mengadakan acara buka puasa bersama dengan anak yatim dan dhuafa. “Tahun lalu kita adakan acara buka puasa bersama dengan anak yatim dan dhuafa,” ucapnya.

Untuk acara yang saat ini digelar, Henni menjelaskan lebih bertajuk tadabur alam. “Acara kita ini, nanti ada tausiahnya juga dari Ustad Sulaiman yang biasa mimpin pengajian kita tiap minggu,” ujarnya.

Dia berharap, kebersamaan seperti ini dapat terus terjalin. “Dari dulu sewaktu SMA kita memang sudah solid,” ujarnya.

Banyak Yang Sukses

Acara tersebut, diawali dengan senam bersama guna menciptakan suasana yang riang gembira serta menimbulkan keakraban sesama alumni. Dilanjutkan dengan sambutan para alumni, pemberian cindera mata serta tausiah dari Ustad Sulaiman.

Untuk diketahui, bahwa alumni ke-86 SMAN 3 Bandarlampung, adalah angkatan tahun 1983 yang lulus pada tahun 1986. Mereka adalah gabungan dari kelas IPA dan IPS yang saat itu totalnya berjumlah 11 kelas.

Kini, para alumni tersebut sudah banyak yang menjadi orang penting. Salah satunya yakni ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung Supriyadi Alfian.

“Sayangnya, beliau berhalangan hadir dalam acara tersebut. Padahal, rekan-rekan sebayanya sewaktu SMA banyak yang mendambakan kehadirannya.” Ujar Heni. (rel)