Ternyata, Menyanyi Itu Obat Mujarab Bagi Yon Koeswoyo

05 Januari 2018 - 13:30:04 | 547 | HUMANIORA

DL/05012018/Jakarta

---- Vokalis Koes Plus Yon Koeswoyo meninggal dunia di usia 77 tahun pada Jumat 5 Januari 2018. Ternyata sebelumnya dia sempat menggelar konser demi bisa membayar biaya pengobatan yang tak murah.

Pada 2016 lalu, musisi legendaris bernama asli Koesyono Koeswoyo ini sempat mengaku mengidap sesak napas yang diakibatkan oleh kebolongan paru-paru. Karena penyakit ini, ia harus diopname selama lebih dari sebulan, yakni Mei hingga Juni.

“Saya kemarin diopname sebulan lebih. Katanya tidak ada harapan. Tapi karena doa Anda semuanya, saya diberi kesembuhan,” ujar Yon dalam sebuah acara konferensi pers pada 2016 silam, seperti dirilis CNN Indonesia.

Alih-alih mengutuk, Yon menganggap penyakitnya sebagai peringatan dari Tuhan. Ia sadar bahwa selama ini dirinya terlalu semangat dalam berpentas, sehingga seringkali lupa daratan.

“Nah karena lupa daratan itu akhirnya Tuhan kasih peringatan kepada saya. Organ tubuh sudah seperti itu. Dihajar satu bulan opname. Tapi Tuhan masih beri petunjuk, Ya sudah kamu sembuh, hibur orang-orang lagi,” katanya.

“Saya kalau tidak bernyanyi malah lemas. Saya kan tukang nyanyi, saya kalau nyanyi senang. Ini obat mujarab,” ujarnya.

Yon pun sangat bersyukur atas keberadaan orang-orang yang senantiasa di sisinya ketika dalam keadaan sakit. Ia mengaku mendapat banyak sekali bantuan moral dan material dari berbagai pihak.

Tak hanya itu, para penggemar Yon bahkan tidak segan-segan membantunya dengan bentuk finansial. Saat itu ia mengaku kesulitan membayar biaya pengobatan dan perawatan rumah sakit. Sebagian dari mereka lantas membantunya.

Alasan mahalnya biaya pengobatan dan perawatan itu pula yang membuat Yon menggelar konser bertajuk Andaikan Koes Plus Datang Kembali di Balai Sarbini, Jakarta Pusat pada 9 Desember 2016 silam.

“Alasan yang utama betul adalah, saya kan tidak ada pensiun, tidak mendapatkan duit dari pemerintah. Itu duit dari mana? Memangnya tidak perlu uang untuk makan dan beli obat? Saya sekali check up saja Rp3,5 juta, kalau seminggu sekali saya duit dari mana? Kecuali kalau saya kaya sekali,” ujarnya.

Dalam konser Andaikan Koes Plus Datang Kembali, Yon membawakan lagu-lagu hit bandnya. Ia pun tampil atraktif seperti biasanya, saat hari-hari ia masih belum sakit.

“Menampilkan 20 lagu kuat saya. Tapi jangan dipaksakan lah. Koes Plus suaranya tinggi-tinggi semua," ujarnya.

Pria kelahiran Tuban, Jawa Timur ini menambahkan, “Mudah-mudahan masih bisa jingkrak-jingkrak. Saya masih ingin jingkrak-jingkrak, seperti saat [menampilkan] lagu Pelangi itu.” (cnn)