Inilah Bukti, Nunik Cinta Rakyat Lamtim

03 Januari 2018 - 23:35:46 | 179 | BERITA DAERAH

DL/03012018/Lampung Timur

---- Sejak tiga bulan dilantik menjadi Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim, yang kala itu masih dikenal sebagai mantan anggota DPR RI dan bupati baru kabupaten Lampung Timur, sudah meretas sebuah program yang membuktikan cintanya kepada rakyat yang dipimpinnya.

Mbak Nunik, panggilan akrab Chusnunia ditengah masyarakat, kala itu sudah mencanangkan program yang mempermudah pembuatan keperluan surat-surat kependudukan, seperti KTP, Kartu Keluarga, Kartu  Kenal Lahir, Surat Kematian dan berbagai pelayanan Administrasi Kependudukan lainnya.

Nunik memikirkan betapa sulitnya penduduk Lampung Timur yang domisilinya sangat jauh dari pusat pemerintahan Kabupaten atau bahkan kecamatannya sendiri untuk mengurus surat-surat kependudukan.

Oleh karenanya diprogramkan dengan pengadaan Unit Mobil yang melayani pembuatan dokumen kependudukan itu melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat. Mobil Pelayanan Administrasi Kependudukan, akhirnya direalisasikan pada Kamis 3 Januari 2018.

Dijelaskan oleh Subandri Bachri selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil bahwa mobil pelayanan ini merupakan salah satu program dari Bupati Lampung Timur. Untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada warga Lampung Timur yang ingin membuat dokumen kependudukan. “Kalau biasanya masyarakat yang mendatangi Disdukcapil, maka dengan adanya mobil pelayanan ini, petugas yang mendatangi masyarakat ke desa-desa yang jauh dari kabupaten atau kecamatannya,” katanya.

Harapannya masyarakat Lampung Timur yang belum mempunyai dokumen kependudukan akan dapat segera memiliki dokumen kependudukan. “Karena hal tersebut penting bagi seluruh penduduk,” tambahnya.

Peluncuran Mobil Pelayanan Administrasi Kependudukan yang dilaksanakan di halaman Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil tersebut, selanjutnya akan memberikan layanan jemput bola atau menyambangi titik objek layanan di seluruh desa yang ada di Kabupaten Lampung Timur terutama yang berlokasi jauh dari ibukota Lampung Timur.

Mobil Pelayanan Administrasi Kependudukan juga menargetkan akan memberikan pelayanan di dua desa setiap harinya dengan jadwal, tempat dan waktu yang telah diberitahukan sebelumnya.

Chusnunia selaku Bupati Lampung Timur mengatakan,  bahwa dengan diluncurkannya mobil administrasi kependudukan itu diharapkan bisa membantu pelayanan administrasi kependudukan daerah daerah atau kecamatan kecamatan yang jauh untuk dijangkau, sehingga bisa memaksimalkan pelayanan.

 “Ini bukti bahwa saya sangat fokus pada kebutuhan masyarakat yang juga sangat penting dalam tatanan administrasi kenegaraan. Dokumen kependudukan itu sangat penting dan diperlukan juga oleh Negara. Kedepan kita berharap bisa memperbanyak mobil seperti ini,” Ungkap bakal calon wakil Gubernur Lampung itu. (tim)