SAH Minta Pemerintah Fokus Pada Pemerataan Mutu Sekolah

04 September 2017 - 19:35:44 | 756 | PENDIDIKAN

DL/04092017/JAKARTA

---- Pimpinan Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra (SAH) menegaskan komitmennya dalam mengawal pemerataan mutu. Hal ini ia sampaikan dalam acara Gala Dinner dengan Pengelola Sekolah Internasional milik Kedutaan (Embassy) Negara Sahabat di Hotel Grand Sahid Jakarta, Minggu,  3 September 2027. 

Menurutnya tantangan pendidikan nasional ke depan terletak pada pemerataan mutu pendidikan di semua pelosok tanah air.
“Indonesia harus beranjak dari masalah perluasan kesempatan sekolah pada level peningkatan pemerataan mutu pendidikan, karena masalah ketimpangan mutu antar sekolah, antar daerah cukup merisaukan,” ungkapnya.

Dalam hal ini SAH mengatakan Komisi Pendidikan DPR akan mengawal program pendidikan nasional untuk berorientasi pada mutu.
Mutu pendidikan sendiri menurutnya dapat dilihat dari dua sudut pandang, Pertama, sekolah sebagai penyedia layanan (service provider) pendidikan dan Kedua, sebagai pengguna (costumer) layanan pendidikan, dalam hal ini termasuk siswa, orang tua, masyarakat dan stake holders.

Sebagai penyedia layanan pendidikan Indikator yang harus dicapai adalah standar isi, kompetensi, lulusan, proses, pembiayaan, tenaga pendidik serta kependidikan, sarana prasarana dan penilaian.

Dimana semua standar ini menurut anggota fraksi partai Gerindra tersebut, telah di atur dalam Peraturan Pemerintah No 5 tahun 2005 tentang Indikator Sekolah Sebagai Penyedia Pendidikan.

Dari semua indikator itu tantangannya adalah pemerataan capaian tiap indikator pada sekolah - sekolah di pelosok tanah air, dan ini tentu membutuhkan konsistensi program dan dukungan anggaran, pada ranah inilah DPR akan bermain, tegasnya.

Jika ini semua ini bisa ditingkatkan SAH yakin indikator mutu dari sudut pengguna seperti siswa, orang tua, masyarakat akan meningkat.

“Jika indikator sekolah sebagai service provider meningkat masyarakat pengguna pendidikan juga akan puas.” Katanya.
Untuk mewujudkan itu semua SAH dengan tegas mengatakan DPR akan mengawal dana pendidikan pada pemerataan mutu sekolah di semua daerah tanah air. (RYAN)