SMAN 6 Kota Metro Juara LPI 2013 Lewat Adu Penalti

12 Oktober 2013 - 08:44:12 | 97875 | OLAHRAGA

DL/11102013/Bandarlampung

Dipenghujung gelaran turnamen sepakbola Liga Pelajar Indonesia di stadion Sumpah Pemuda PKOR Way Halim, SMAN 6 Metro menjadi juara tingkat SMA setelah di final, Jumat petang (11/10) mengalahkan  SMA N 1 Gunung Agung Tulangbawang Barat lewat adu tendangan penalti, 5-3.

Pada partai semifinal, Siswo Anggoro cs juga menang adu penalti lawan SMA N 1 Purbolinggo, 5-4. Sementara SMAN 1 Gunung Agung juga menang penalti di semifinal melawan SMKN 2 Bandarlampung.

Sebenarnya, SMAN 1 Gunung Agung Tubabarat nyaris memenangi pertandingan, saat menit ke 60 mendapat hadiah penalti karena salah seorang pemain Metro handsball di kotak penalti mereka. Namun tendangan penalti Hari, gagal bersarang ke gawang Gusti Ngurah, karena melenceng beberapa sentimeter di samping gawang Gusti.

Dua finalis membagi angka 0-0 selama 2 X 35 menit, sehingga penyelesaian akhir harus diadakan adu tendangan penalti.

Pengalaman dan ketenangan para pemain Metro memang sudah teruji, ketika di semifinal mereka juga menang tipis dalam adu penalti itu.

Kiper Metro, I Gusti Ngurah Putu menjadi pahlawan timnya setelah mampu menepis dua tendangan penalti anak-anak Tuba Barat, sehingga membuat skor akhir 5-3 untuk tim dari Kota Metro itu.

Usai pertandingan I Gusti mengekspresikan kegembiraannya dan mengatakan sangat puas dengan penampilannya kali ini. “Saya puas dan bangga bisa menjai penentu kemenangan sekolah saya.” Katanya semringah.

Pertandingannya sendiri berjalan seimbang dan jual beli serangan terjadi pada kedua tim. Namun buruknya penyelesaian akhir menyebabkan tidak terjadi gol dalam dua babak yang dimainkan.

Juara turnamen ini mendapatkan uang pembinaan Rp17 juta dan piala bergilir gubernur Lampung. Juara kedua Rp.7 Juta dan juara ketiga Rp.5 juta.

Bambang Joko DS, SH, MH, ketua penyelenggara LPI menegaskan bahwa tahun ini waktu penyelenggaraannya sangat mepet, sehingga melakukan pertandingan sangat ketat. Namun demikian, kualitas para pemain muda kali ini cukup memuaskan. “Waktunya sempit, karena satu hari harus dilakukan 5 pertandingan. Ii sebenarna tidak ideal, namun apa boleh buat. Ini akan dievaluasi untuk penyempurnaan ke depan,” katanya.

Selengkapnya para juara LPI 2013, tingkat perguruan tinggi juara 1 STO Metro, runner-up Polinela Bandarlampung, juara 3 Universitas Lampung. Tingkat SMA, juara 1 SMAN 6 Kota Metro, juara kedua SMAN 1 Gunung Agung Tubabarat, juara 3 SMAN 1 Purbolinggo Lamtim. Kategori SMP, juara 1 SMPN 6 Kotabumi, juara 2 SMPN 1 Punggur Lamteng, juara 3 SMPN 1 Banjar Baru Tulangbawang.

Top skor pada pertandingan ini mendapatkan bonus masing-masing Rp1 juta dari Kadisspora dan ketua Assosiasi PSSI Lampung. Pencetak gol terbanyak dari tingkat SMP adalah Satria Tori Sanjaya dari SMPN 6 Kotabumi Lampung Utara. Kategori SMA, Mahfud M Sidik (SMN 1 Purbolinggo, Lamtim) dan tingkat perguruan tinggi, Agung Kosandi mahasiswa STO Metro. (Rb-01)