Pembangunan Fisik Tahapan Yang Krusial

25 Mei 2015 - 16:37:46 | 8964 | BERITA DAERAH

DL/25052015/Bandarlampung

---- Pembukaan Pelatihan Teknis Pengawasan Lapangan Bidang Jalan, acara yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Arinal Djunaidi ini dihadiri oleh Wakil Ketua Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Daerah Provinsi Lampung Napoli Situmorang, Sekretaris Dinas Bina Marga Provinsi Lampung Rony Witono serta Pejabat Eselon dan Staf di Lingkungan Dinas Bina Marga Pemerintah Provinsi  Lampung. Acara diselenggarakan di Aula Dinas Bina Marga Pemerintah Provinsi Lampung, Senin (25/5).

Sambutan Gubernur Lampung yang dibacakan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung mengatakan bahwa sektor jasa konstruksi memberikan kontribusi yang sangan penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah.

Salah satunya, adalah melalui pertumbuhan infrastruktur. Pada sisi lain, keberhasilan di bidang infrastruktur dimaksud tidak terlepas dari dukungan para pelaku pembangunan itu sendiri.

Dalam rangka itulah, maka perlu dilakukan pembinaan secara terus menerus oleh Pemerintah Provinsi Lampung memalui Dinas Bina Marga. Diantaranya pelatihan teknis bagi pengawas lapangan bidang jalan.

Karena disadari pengawas lapangan merupakan unsur penting dalam proses penyelesaian pekerjaan. Di lain pihak, kelancaran pelaksanaan pekerjaan tersebut sangat ditentukan oleh bagaimana pengawasan yang diterapkan.

Sejalan dengan itu diperlukan profesionalitas para petugas pelaksana untuk meningkatkan kualitas pekerjaan, tidak terkecuali bagi para pengawas lapangan bidang jalan. Dalam proses penyediaan prasarana bagi masyarakat umum seperti jalan, sangat ditentukan kualitasnya dari seluruh proses yang harus dilakukan dalam setiap pekerjaan, mulai dari perencanaan sampai dengan pelaksanaan dan pemeliharaan.

Salah satu tahap yang kruasial, adalah tahap pembangunan fisik, yang dalam hal ini pengawasan perlu dilakukan sebagaimana mestinya, sehingga kualitas hasil pekerjaan tetap terjaga sebagaimana yang kita harapkan.

Dalam penutupnya Gubenur Lampung mengatakan tujuan dari penyelenggaraan pelatihan teknis ini adalah meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dibidang jasa kontruksi dan terwujudnya pelaksanaan jasa konstruksi yang bersih dan transparan sesuai dengan ketntuan peraturan-peraturan terkait dalam pelaksanaannya. (R-01/Smj)