Kocoy: Fisik dan Skill Saja Tidak Cukup Untuk Jadi Pemain Yang Baik

09 November 2018 - 22:04:21 | 16038 | FUTSAL MANIA

DL/09112018/Bandarlampung

---- Bagi atlet secara umum, punya skill yang bagus dan fisik yang oke, belum menjadi jaminan akan menjadi atlet yang baik dan berprestasi. Karena masih ada beberapa factor penting yang mendukung seseorang akan menjadi atlet yang andal.

Ini ditegaskan Pelatih Kepala tim futsal Pra PON Lampung, Wahyudin Kocoy kepada wartawan usai melaksanakan paparan tentang program kerja tim pra PON Futsal Lampung, di KONI Lampung Kompleks PKOR Way Halim Bandarlampung, Jumat 9 November 2018.

Menurut coach Kocoy, khususnya pada pemain futsal, teknik, fisik dan skill memang merupakan faktor yang  penting dalam karir seorang pemain, namun yang lebih penting dari itu adalah mentalitasnya. “Jika seorang pemain yang punya kemampuan fisik, teknik dan skill bagus tetapi tidak didukung mental dan karakter yang baik, maka sulit untuk bisa bermain bagus seutuhnya.” Katanya.

Attitude seorang pemain ternyata sangat berpengaruh dalam permainan. "Selain itu atitude pemain di dalam dan luar lapangan juga harus baik, hebat di dalam lapangan tapi di luar tidak, maka tidak menjamin permain bisa bagus," katanya.

Seleksi Tim Pra PON

Menurutnya, daerah Lampung punya banyak pemain muda berbakat, namun karena kurangnya kompetisi, membuat bakat-bakat itu tidak berkembang dengan baik.

Pada saat seleksi tahap pertama yang diadakan selasa, 6 November 2018 pihaknya sudah mengantongi 14 nama pemain yang dipilih dari sekitar 108 peserta dari berbagai daerah di Lampung. “Dari hasil seleksi kemarin yang diikuti 108 pemain, kita telah mengambil 14 pemain. Nantinya, kita akan memberikan semacam wildcard bagi pemain terbaik Lampung yang sedang berjuang menuju Liga Pro," terangnya. (ver)