Peserta Seleksi Futsal Pra PON Membludak

07 November 2018 - 09:52:20 | 6939 | FUTSAL MANIA

DL/06112018/Bandarlampung

---- Tahap pertama seleksi pemain untuk tim futsal prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional (Pra PON)  Lampung diikuti lebih dari 100 peserta, dari beberapa kabupaten dan kota di Lampung, Selasa, 6 November 2018.

Pelatih kepala tim Pra PON Lampung, Wahyudin Kocoy memimpin langsung seleksi yang dilangsungkan di Difa Futsal Arena Bilabong Susunan Baru, Bandarlampung.

Terkait banyaknya peserta seleksi, Plt Ketua Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Lampung, Wahyudin Kocoy menegaskan bahwa ternyata antusias para pemain muda di Lampung sangat tinggi. “Terima kasih. Ini bentuk kepedulian para pemain muda dan klubnya untuk turut mencoba peruntungan sebagai pemain futsal untuk membela Lampung,” katanya.

Seleksi yang dimulai pukul 13.00 berakhir pukul 17.00 wib diikuti 108 orang dari berbagai kabupaten dan kota, seperti Pringsewu, Tanggamus, Lampung Selatan dan Bandarlampung.

Ada beberapa peserta yang berasal dari Lampung Barat dan Lampung Utara, misalnya, ini dengan pertimbangan karena para peserta ini saat sekarang masih kuliah di Bandarlampung, sehingga mengikuti seleksi di Bandar Lampung.

Selain itu, seleksi juga melibatkan 11 pelatih bersertifikat AFC dari Lampung untuk memilih pemain versi masing-masing pelatih, dan seluruhnya sudah mendapatkan 20 nama.

Menurut Kocoy, ke 20 nama ini akan terus diseleksi sepanjang persiapan. “Ini permulaan. Jika para pemain ini bisa mengimbangi latihan dan menunjukkan progress kemampuan yang setara dengan kemampuan pemain pra PON yang diinginkan, pasti kami panggil,” ujar Kocoy.

Para pemain terseleksi itu akan diberikan kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya selama dalam latihan persiapan. Hanya pemain terbaiklah yang kelak akan mengisi tim pra PON Lampung. “Kami punya target untuk lolos ke PON 2020, maka kami juga harus serius untuk menyiapkan tim,” katanya.

Berharap Lolos PON

Sementara itu beberapa pelatih yang juga membantu melakukan seleksi pemain, menyatakan mendukung tim pra PON Lampung agar lolos ke PON.

“ Terus terang kami juga sangat menginginkan tim pra PON Lampung lolos ke PON 2020. Sebelumnya, kami punya kesempatan lolos dalam prakualifikasi, namun walau selangkah lagi, kami gagal. Maka dari itu kami mendoakan adik-adik kita ini akan menjadi pasukan pertama yang lolos PON dari cabang Futsal,” Kata Wirdata, mantan pelatih pra PON Lampung.

Sedangkan Tito, yang selama ini menangani tim futsal putri Unila, menegaskna dukungan sepenuhnya untuk tim pra PON Lampung. “Kami siap mendukung. Seperti sekarang ini kami dilibatkan untuk memilih pemain pra PON, mudah-mudahan pemain yang kami pilih juga bisa masuk ke skuad coach Kocoy. Pesan saya sama para pemain, agar menunjukkan kualitasnya sebaik mungkin untuk Lampung,” ujarnya.

Tim pelatih pra PON akan melakukan beberapa kali seleksi berjalan seperti di Lampung Utara untuk pemain yang berada di Lampung Barat, Pesisir Barat, Tulangbawang Barat dan Way Kanan, serta untuk zona Kota Metro untuk beberapa kabupaten, yakni Lampung Timur, Lampung Tengah, Tulang bawang dan Mesuji.

Seleksi berjalan ini tetap akan melibatkan para pelatih Lampung untuk menilai secara independen para peserta seleksi. (Ver)