Hari Ini Seleksi, AFP Lampung Berharap Banyak Partisipasi

06 November 2018 - 05:50:36 | 27513 | FUTSAL MANIA

DL/06112018/Bandarlampung

----- Seleksi pemain pra PON Futsal yang akan diproyeksikan menjadi bagian dari tim prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) cabang olahraga Futsal Lampung, hari ini, Selasa 6 November 2018 akan dilakukan di DIVA Futsal Arena, dulu IFA di kawasan Bilabong, Susunan Baru, Bandarlampung.

Manajer tim Pra PON Lampung, Reza Mahesa, berharap seleksi tahap pertama kali ini diikuti banyak pemain mudah berbakat di Bandarlampung. “Kami ingin mempunyai tim yang baik, karena targetnya dari AFP Lampung adalah lolos ke PON,” katanya saat dihubungi media ini via selulernya, Senin 5 November 2018 malam.

Reza mengatakan bahwa secara teknis, seleksi pemain diserahkan sepenuhnya kepada pelatih kepala yang telah ditunjuk dan dipercaya untuk menangani tim pra PON Futsal Lampung. “Kami telah menyusun program untuk tim sedemikian rupa, namun khusus untuk teknis, saya serahkan sepenuhnya kepada pelatih kepala, coach Kocoy. Karena coach yang kelak akan menangani tim ini.” tambahnya.

Memang dalam melakukan seleksi akan dilibatkan banyak pelatih futsal di Lampung. Ini sebagai amanat dari sarasehan futsal yang dilakukan beberapa waktu lalu, dimana ada beberapa usulan dari para pelatih agar dilibatkan dalam proses pembentukan tim pra PON.

“Ya sesuai dengan hasil sarasehan, bahwa AFP Lampung diharapkan melibatkan para pelatih Lampung dalam proses pembentukan tim. Maka hari ini, kami mengundang beberapa pelatih futsal untuk turut dalam menyeleksi pemain tahap pertama,” ujar pemilik Giga Futsal Arena itu.

Target Lolos PON

Sementara itu pelatih kepala tim pra PON Lampung, Wahyudin Kocoy mengungkapkan bahwa dengan target lolos pra PON dari Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Lampung, ia berharap pada seleksi tahap pertama akan diikuti banyak pemain muda yang memenuhi syarat.

Kocoy menegaskan bahwa banyak pemain muda di Lampung yang punya bakat bermain futsal, termasuk bakat-bakat alam yang secara murni menunjukkan kemampuan pribadi-pribadi yang baik.

“Saya selama setahun lebih menangani Giga FC di Liga Pro, melihat potensi pemain di Lampung sangat banyak, dan bagus-bagus. Hanya mereka kurang berani menunjukkan skill individu dasarnya dengan maksimal. Maka dalam seleksi mulai tahap pertama ini, saya berharp para pelatih mau mengirimkan pemain-pemain berbakatnya untuk seleksi,” katanya.

Kocoy mencontohkan, bahwa dalam tim Giga Pro yang diproyeksikan bertanding selama kompetisi 2019, ternyata lebih dari separo di tim adalah anak-anak muda dari Lampung. “Di tim Giga Pro kami memilih dan mempercayakan kepada banyak pemain muda dari Lampung. Meskipun persaingan di Liga Pro keras dan ketat, tampaknya kami masih mampu bersaing,” ujar Kocoy optimis.

Terpisah, Plt Ketua AFP Lampung, Edi Purwanto pun berharap para pelatih yang sudah diundang untuk turut menyeleksi pemain kali ini bisa hadir dari membantu mencari bakat-bakat yang hari ini melakukan seleksi.

“Saya sangat berharap teman-teman pelatih berkenan untuk turut berpartisipasi aktif di sini. Denagn kriteria yang diinginkan pelatih kepala kita, maka teman-teman peltih akan memilih pemian yang layak untuk turut dalam seleksi berjalan yang dilakukan bung Kocoy.” Ujarnya.

Seleksi ini sebagai awal dari pembentukan tim. “Hak prerogative memang ada di pelatih kepala untuk menentukan kerangka tim, jadi sebelum menuju ke sana, kita harus membantunya menyeleksi peserta yang kemungkinan jumlahnya banyak. Kita kan hanya butuh sekitar 16 pemain untuk dibawa ke Pra PON tahun depan,” ungkap Don Pecci, panggilan akrab Edi Purwanto.

Diharapkan pula para pelatih khususnya anggota AFP Lampung untuk mengirimkan pemainnya yang masih masuk dalam kategori pemain pra PON tahun ini, agar anak-anak berbakat diberi kesempatan mengembangkan kemampuannya. (ver)