SMPN 1 Metro Kibang Lampung Timur Lakukan Test IQ

25 Oktober 2018 - 10:57:11 | 27891 | PENDIDIKAN

DL/25102018/Lampung Timur

---- Mutu dan kualitas pendidikan perlu adanya peningkatan dan perhatain dari semua pihak, baik dari sekolah tempat menempuh ilmu maupun dari orangtua.

Tingkat kecerdasan dan emisonal anak didik perlu untuk dikontrol dan dievaluasi guna keberhasilan dan kemajuan anak didik dalam menyerap ilmu pelajaran untuk masa depan mereka.

Untuk itu, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kibang Kecamatan Metro Kibang Lampung Timur , pada Rabu 24 Oktober 2018 melakukan tes kecerdasan (IQ) dan emisional (EQ)  terhadap 613 siswa-siswinya yang terbagi dalam 18 kelas, dengan mendatangkan tim dari Kencana Counsulting Indonesia (KCI).

Dalam pelaksanaannya, pada setiap kelas di berikan waktu selama 15 menit untuk mengerjakan lembaran demi lembaran soal test dari tim KCI yang isinya seputar kemampuan psikologi setiap pelajar.

Kepala SMP Negeri 1 Metro Kibang, Sri Suhartini mengatakan, pihak sekolah sengaja mendatangkan tim dari KCI guna memberikan test kepada setiap pelajar agar dapat mengetahui sejauh mana daya serap dan pemikiran para siswa siswi dalam menghadapi pelajaran yang diberikan.

“Selain sebagai ujian bagi siswa-siswi, tes ini juga sebagai tolok ukur bagi kami untuk terus mengevaluasi dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di sekolah kami,” jelasnya.

Menurutnya dengan pelaksanaan test ini sangat membantu pihak sekolah dalam mengetahui satu persatu psikologi anak dan dengan demikian akan lebih mudah mendorong atau mengarahkan kemampuan bakat para siswa.

“Jika setiap sekolah dapat melaksanakan test IQ, maka akan lebih mudah bagi siswa atau orang tua wali dalam mendorong anak-anaknya untuk menempuh ke jejang pendidikan lebih lanjut. Nantinya, para siswa dan orang tua wali murid tidak salah pilih sekolah atau jurusan sesuai kemampuannya masing masing." Tandasnya. (Igun)