Festival Al Muttaqien, 432 Peserta Adu Kepiawaian Ilmu Agama

01 Oktober 2018 - 22:24:59 | 31320 | PENDIDIKAN

DL/01102018/Bandarlampung

----- Pondok Pesantren Al Muttaqien Kemiling Bandarlampung menggelar berbagai lomba ilmu Agama Islam dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1440 Hujriyah dengan festival Al Muttaqien 2018.

Ada tujuh tangkai lomba yang diperuntukkan bagi anak usia PAUD dan TK, Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Ke tujuh tangkai perlombaan itu: MTQ, MHQ, Dai Cilik, LCT. Adzan, Mewarnai dan Kaligrafi.

Seluruh perlombaan dalam festival ini dilaksanakan di kompleks Pondok Pesantren Al Muttaqien di Jl Terong Kelurahan Sumberrejo Sejahtera, Kemiling, Kota Bandarlampung.

Muhit, salah seorang pandega kegiatan ini menegaskan bahwa ini kali pertama Al Muttaqien menyelenggarakan festival untuk murid PUAD, TK, SD dan SMP se Kota Bandarlampung.

“Memang ini mengawali untuk memberikan wahana anak-anak kita mengembangkan bakat dan kemampuannya di berbagai bidang pendidikan Islam. Kami akan membiasakan ini setiap Tahun Baru Islam ke depan,” ujarnya, Sabtu 29 September 2018.

Menurut data pendaftaran, kata Muhit, sekitar 432 peserta berlaga di Festival Al Muttaqien I kali ini. “Alhamdulillah, pesertanya membludak. Kami berterima kasih kepada para guru dan Pembina yang mengarahkan anak-anak ikut dalam festival ini,” tambahnya.

Dari tujuh tangkai daftar seluruhnya 432 peserta, dengan rincian Lomba Mewarnai khusus untuk PAUD, TK dan SD diikuti 104 peserta, Dai Cilik ada 52 anak berbakat menjadi Dai terdiri dari PAUD ada 4 anak, SD 27 anak dan SMP 21 anak.

Sementara di Lomba Cerdas Cermat diikuti 13 grup masing-masing terdiri dari 3 orang. Fashion Show Islami diikuti 79 peserta terdiri dari PAUD dan TK ada 47 peserta dan tingkat SD ada 32 peserta.

Sedangkan untuk tangkai Lomba Adzan dari peserta Paud dan TK ada 13 anak, dan dari SD ada 38 peserta. MTQ diikuti 13 orang dan MHQ diikuti 80 peserta yang terdiri dari murid PAUD dan TK ada 28 peserta, tingkat SD diikuti 41 peserta dan SMP 11 peserta.

“Kemeriahannya luar biasa, dan ini menginspirasi kami untuk tahun depan bekerja lebih baik lagi,” kata Muhit.

Kerja Keras

Menurut Pimpinan Yayasan Al Muttaqien, DR. Drs. KH. Musthopa Wagianto, SH, MH menegaskan bahwa ini hasil kerja keras seluruh Pembina di Ponpes ini, yang akhirnya memberikan hasil yang memuaskan. “Saya rasa ini menjadi pemacu kerja kita ke depan. Saya apresiasi kerja keras para Ustad dan Pengajar di Ponpes Al Muttaqien dalam rekruitmen peserta sangat baik,” katanya.

Namun Musthopa Wagianto berpesan agar semua dilaksanakan dengan fair dan jujur, agar semua peserta puas dengan hasil penilaian di setiap tangkai lomba.

“Ini kan ajang lomba Islami untuk anak-anak dan remaja, sehingga perlu penanganan yang serius dan sabar. Maka dari itu, saya bersyukur punya tim kerja yang solid dan mampu menghadirkan kemeriahan dalam menyambut tahun baru Islam 1440 hijriyah. Barokah,” tambah Dosen Universitas Islam Negeri Lampung itu.

Ini, kata Musthopa, menjadi awal langkah yang baik. “Saya kira teman-teman Ustad dan para Pengajar di Ponpes Al Muttaqien punya kapasitas untuk hal seperti ini dan kemungkinan bisa jauh lebih baik lagi. “ ungkapnya. (don)